Manajemen
pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan
harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Umumnya
orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian
pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan
perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena biasanya suatu
organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan produk yang
tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak ada permintaan
terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya tidak teratur,
atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran harus mencari
jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini. Jadi, manajemen
pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan
permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu.
Manajemen
pemasaran sebagai analisis, perencanaan implementasi, dan pengendalian dari
program-program yang dirancang, untuk menciptakan, membangun dan memelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan. Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan, yang selanjutnya
mencakup mengatur hubungan dengan pelanggan. Definisi ini mempunyai beberapa
pengertian penting mengingat :
- Seluruh
sistem dari kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen.
- Keinginan
konsumen harus diketahui dan dipuaskan secara efektif.
- Pemasaran
adalah proses bisnis yang dinamis karena merupakan sebuah proses integral yang
menyeluruh dan bukan gabungan aneka fungsi dan pranata yang terurai.
- Program
pemasaran dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai
keinginan konsumen benar-benar terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah
penjualan dilakukan.
- Untuk
berhasil pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam
jangka panjang.
Perbedaan kebutuhan dan keinginan
Kebutuhan merupakan sesuatu
yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga
bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan
merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan
adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak
sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera, seperti: Makanan,Pakaian,Perumahan,
Pendidikan,dan Kesehatan. Sedangkan Keinginan merupakan sesuatu tambahan atas
kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih
puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya
tidak berkurang.
Perbedaan pasar dan pemasaran
Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi
perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai
permintaan terhadap barang atau jasa. Sedangkan, Pemasaran merupakan kegiatan
pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Marketing Mix
Secara
bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah
strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran
yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada
dalam marketing Mix itu sendiri.
menurut
pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi :
” Marketing Mix adalah sekumpulan variable – variabel pemasaran yang
dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat
penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran“
Unsur-unsur
marketing mix sebagai berikut
- Produk (Product)
Produk
merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran pemasaran.
Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan memformulasikan suatu penawaran
yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.
- Harga (Price)
Harga
merupakan suatu elemen marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan,
sedangkan elemen-elemen lainya hanya menimbulkan biaya. Kerena menghasilkan
penerimaan penjualan , maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat
keuntungan, serta share pasar yang di dapat oleh perusahaan.
- Promosi/Komunikasi (Promotion/Communication )
didalamnya
termasuk promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, hubungan masyarakat
(public relation), direct marketing, pembentukan Customer Data base, Dialog,
dan Provision of Customer Service.
- Tempat (place)
meliputi
unsur-unsur saluran distribusi, cakupan (coverage), lokasi, pergudangan,
transportasi
- Pimpinan dan Staf, Pelanggan, Pesaing (People)
Hal
ini menyangkut dengan sumber daya manusia dengan memiliki SDM yang sangat
unggul, maka tentu akan sangat menunjang dalam pekerjaan dan dapat memberikan
hasil yang maksimal terutama bagi konsumenterhadap SDM sebuah produk ataupun
jasa akan sangat berart, kesan pertama yang baik akan membuat konsumen kembali
membeli produk kita dan begitu pula sebaliknya.
- Proses (Process)
Dalam
sebuah industry, terutama industry dalam bidang jasaatau pelayanan, maka proses
adalah factor yang lebih dominan , dalam pengertian marketing mix , proses ini
meliputi hal bagaimana melayani pelanggan dengan sempurna tanpa membedakan
gender
- Bukti Fisik (Physical Evidence)
Bukti
fisik adalah factor terakhir yang perlu diperhatikan pada pengerian marketing
mix atau bauran pemasaran, bukti fisik ini bisa diartikan juga dengan “keadaan
sekitar” atau “suasana”
Best 10 Casinos Near Santa Barbara, CA - Mapyro
BalasHapusVisit 김포 출장마사지 Mapyro to find the best 제천 출장마사지 casinos in 2021. Find the best 논산 출장마사지 10 casinos near Santa Barbara, CA in 여수 출장안마 real time and see real 경주 출장샵 reviews.