Minggu, 23 November 2014

Akuntansi Dalam Kehidupan Sehari- Hari


Akuntansi Dalam Kehidupan Sehari- Hari 

Setiap hari kita selalu melakukan aktivitas dan sebagian besar aktivitas tersebut adalah hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Dan dimana ada bisnis pasti ada yang namanya akuntansi. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis”. Akuntansi terlibat dalam hampir segala sesuatu dalam hidup kita apakah kita tahu atau tidak, dan  pentingnya kadang-kadang bisa dilupakan. Bahkan kegiatan sehari-hari yang kita lakukan dirumah seperti mandi, makan, mencuci dan lainnya pun juga berhubungan dengan akuntansi karena hal tersebut pasti mengeluarkan biaya walaupun kita tidak menyadarinya.
Manfaat dari belajar dan memahami akuntansi adalah kita bisa menjadi akrab dengan angka angka, kita pun juga bisa lebih cepat dalam menggunakan kalkulator, dan terbiasa dalam hal perhitungan keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Bidang- Bidang Akuntansi

-          Akuntan privat
Adalah akuntan yang bekerja pada sebuah perusahaan atau lembaga lain yang biasanya memegang jabatan sebagai berikut : Kepala bagian, kepala bagian akuntansi, bendahara, dll.

-          Akuntan Public
Adalah akuntan yang tidak bekerja pada sebuah lembaga yang berdiri sendiri dan untuk menjadi akuntan public syaratnya adalah sudah terdaftar pada pemerintah sebagai akuntan public.

-          Akuntansi pemerintah
Akuntansi yang bekerja dilembaga pemerintahan

-          Akuntansi pendidikan
Akuntansi yang bekerja di lembaga pendidikan untuk mengajar, riset dan pengembangan pengetahuan akuntansi

Contoh Bidang-Bidang Akuntansi :
1.      Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
2.      Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
3.      Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
4.      Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
5.      Akuntansi Perpajakan
6.      Peranggaran (Budgeting)
7.      Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
8.      Sistem Akuntansi (Accounting System)

Laporan Keuangan
Adalah Laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan baik didalam maupun diluar perusahaan mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan. Transaksi keuangan diseleksi, dicatat serta dianalisis sehingga tercipta laporan keuangan yang bersifat normatif untuk pengambilan keputusan.

            Syarat-syarat laporan keuangan :
1.      Relevan, artinya info yang disajikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk pengambilan keputusan
2.      Dapat dimengerti
3.      Daya uji
4.      Netral, bersifat umum, obyektif
5.      Tepat waktu
6.      Daya banding
7.       Lengkap, harus memenuhi syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar