Selasa, 02 Desember 2014

Managemen Pemasaran

Manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan

Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.

Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran harus mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini. Jadi, manajemen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu.

Manajemen pemasaran sebagai analisis, perencanaan implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang, untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan, yang selanjutnya mencakup mengatur hubungan dengan pelanggan. Definisi ini mempunyai beberapa pengertian penting mengingat :
- Seluruh sistem dari kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen.
- Keinginan konsumen harus diketahui dan dipuaskan secara efektif.
- Pemasaran adalah proses bisnis yang dinamis karena merupakan sebuah proses integral yang menyeluruh dan bukan gabungan aneka fungsi dan pranata yang terurai.
- Program pemasaran dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah penjualan dilakukan.
- Untuk berhasil pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang.


Perbedaan kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan merupakan  sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera, seperti: Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan. Sedangkan Keinginan merupakan sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.


Perbedaan pasar dan pemasaran

Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Sedangkan, Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran  agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.


Marketing Mix

Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.
menurut pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi : ” Marketing Mix adalah sekumpulan variable – variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran
Unsur-unsur marketing mix sebagai berikut 


  • Produk (Product)
Produk merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran pemasaran. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan memformulasikan suatu penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

  •   Harga (Price)
Harga merupakan suatu elemen marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan, sedangkan elemen-elemen lainya hanya menimbulkan biaya. Kerena menghasilkan penerimaan penjualan , maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang di dapat oleh perusahaan.

  •  Promosi/Komunikasi (Promotion/Communication )
didalamnya termasuk promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, hubungan masyarakat (public relation), direct marketing, pembentukan Customer Data baseDialog, dan Provision of Customer Service.

  •  Tempat (place)
meliputi unsur-unsur saluran distribusi, cakupan (coverage), lokasi, pergudangan, transportasi

  •  Pimpinan dan Staf, Pelanggan, Pesaing (People)
Hal ini menyangkut dengan sumber daya manusia dengan memiliki SDM yang sangat unggul, maka tentu akan sangat menunjang dalam pekerjaan dan dapat memberikan hasil yang maksimal terutama bagi konsumenterhadap SDM sebuah produk ataupun jasa akan sangat berart, kesan pertama yang baik akan membuat konsumen kembali membeli produk kita dan begitu pula sebaliknya.

  •  Proses (Process)
Dalam sebuah industry, terutama industry dalam bidang jasaatau pelayanan, maka proses adalah factor yang lebih dominan , dalam pengertian marketing mix , proses ini meliputi hal bagaimana melayani pelanggan dengan sempurna tanpa membedakan gender

  •  Bukti Fisik (Physical Evidence)
Bukti fisik adalah factor terakhir yang perlu diperhatikan pada pengerian marketing mix atau bauran pemasaran, bukti fisik ini bisa diartikan juga dengan “keadaan sekitar” atau “suasana”

1 komentar:

  1. Best 10 Casinos Near Santa Barbara, CA - Mapyro
    Visit 김포 출장마사지 Mapyro to find the best 제천 출장마사지 casinos in 2021. Find the best 논산 출장마사지 10 casinos near Santa Barbara, CA in 여수 출장안마 real time and see real 경주 출장샵 reviews.

    BalasHapus